Untitled Document Home    Profil    Pemerintahan    Potensi    Investasi    Kontak    BukuTamu    WebMail    SiteMap    Blog    Keu/TAPD    Fas.Umum    smsPEMKAB   

Profil Kabupaten Temanggung
Sejarah
Lambang daerah
Visi dan Misi
Sekilas Temanggung
Profil Kecamatan & Desa
Prestasi
Peta Kota Temanggung
Peta Kab. Temanggung
Bupati 1834-2018
Profil BUMD
Blog Desa/Kec./lainnya
Peta Kawasan Rawan Bencana Gunungapi Sundoro
Jarak Desa, Kecamatan dan Kabupaten
Peta Administrasi
Peta Curah Hujan
Peta Jaringan Jalan
Peta Jaringan Listrik
Peta Jenis Tanah
Peta Kemiringan Lereng
Peta Penggunaan Lahan
Peta Rawan Bencana
Peta Rencana Tata Ruang
DESA JUMO KECAMATAN JUMO

Wilayah Kecamatan Jumo yang merupakan salah satu dari 20 kecamatan di kabupaten Temanggung berbatasan dengan : wilayah Barat dengan Kecamatan Ngadirejo, Wilayah Utara dengan Kecamatan Candiroto, Sebelah Timur Kecamatan Gemawang dan Sebelah Selatan dengan Kabupaten Kedu. Yang  terletak pada Ketinggian tanah rata-rata 685 m dpl dengan suhu antara 30 oC dan 20 oC. Dengan rata-rata jumlah hari hujan 64 hari dan banyaknya curah hujan 22 mm/th. Kecamatan Kranggan luas wilayah 2.931,91 ha, dengan jumlah penduduk 27.617 orang dan mempunyai 13 desa.
Salah satu dari 13 desa/kelurahan di kecamatan Jumo adalah Desa Jumo yang terletak di ketinggian 680 m dari permukaan laut dan berjarak 0 km dari ibu kota kecamatan Jumo dan 18 km dari ibu kota Kabupaten. Dengan luas 184,64 ha yang terbagi dalam lahan sawah 109,66 ha dan lahan bukan sawah 74,98 ha. Dari Lahan sawah bukan sawah dipergunakan untuk Bangunaan/pekarangan, Tegal/Ladang/Huma, Hutan Negara, Hutan Rakyat, Perkebunan Negara/Rakyat dan Lahan Lainnya.
Desa Jumo terdapat 8 dusun yang terdiri dari 3 Rukun warga (RW) dan 14 Rukun tetangga (RT) dan terdapat 634 Rumah tangga. Jumlah penduduk 2.990 jiwa terdiri dari 969 jiwa Laki-laki dan 1.021 jiwa Perempuan.
Penduduk usia 10 tahun keatas bermatapencaharian Petani tanaman pangan, Peternak, Petani Perkebunan, Pertambangan/Penggalian, Bangunan, Pedagangan, Hotel & Rumah Makan,  Pengangkutan&Komunikasi, Bank&Lembaga Keuangan Lainnya, Jasa-jasa dan Lainnya.
Untuk sumber air minum berasal dari Leding/PAM, Sumur, Mata Air dan Air Sungai. Dan untuk penerangan 634 menggunakan PLN dan - rumah tangga menggunakan penerangan lainnya.
Dalam bidang pendidikan banyaknya penduduk di atas 5 tahun yang Tamat PT/Universitas 57 orang, Tamat Akademi 51 orang, Tamat SLTA/sederajat 304 orang, tamat SLTP/ sederajat 272 orang, Tamat SD/sederajat 664 orang, Tidak tamat SD 240 orang, Belum tamat SD 349 orang dan Belum/ tidak sekolah 54 orang. Untuk sarana pendidikan terdapat 2 unit TK, 2 unit SD, - unit MI, - unit SMP/Mts dan - unit SMU.
Bidang Kesehatan terdapat Prasarana kesehatan 1 unit Puskesmas, - Puskesmas pembantu, 8 unit Posyandu, - unit Polides, - orang Dokter Umum, - Dokter Gigi, 5 orang Bidan/Perawat/mantri, 1 orang Dukun Bayi, 1 orang Dukun Pijat dan 1 orang Tukang Gigi.
Tanaman pangan yang dikembangkan di desa ini adalah Padi, Jagung dan Kacang Tanah. Tanaman sayuran yang dikembangkan berupa Cabe. Buah-buahan yang dikembangkan adalah Durian dan Salak. Sedangkan tanaman perkebunan yang dikembangkan berupa Tembakau, Kopi dan Cengkeh.
Ternak yang dikembangkan di desa tersebut berupa Sapi, Kerbau, Kambing/domba, Ayam buras dan Itik.

Peta Dusun dan Desa Jumo

Sumber :
Kecamatan Jumo dalam angka 2012